SATUAN
PEMBELAJARAN TERPADU
(RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN)
Mata Pelajaran : 1. Pendidikan Kewarganegaraan
2. Pengetahuan Alam
3. Pengetahuan Sosial
Tema : Kegiatan
Satuan Pendidikan : Sekolah Dasar
Nama Sekolah :
SD Islmiyah Sekayu MUBA
Kelas/Semester : III (Tiga) / I (Satu)
Alokasi Waktu : 1x pertemuan (2x 35 menit)
A.
STANDAR KOMPETENSI
- Pkn : Mengamalkan makna sumpah pemuda
- IPA : Menggolongkan makhluk hidup
- IPS : Memelihara lingkungan alam dan
buatan
B. KOMPETENSI
DASAR DAN INDIKATOR
Dari kompetensi dasar dan indikator ketiga mata pelajaran tersebut yang dapat dipadukan adalah sebagai berikut :
Mata Pelajaran
|
Kompetensi Dasar dan
Indikator
|
1. PKn
|
* Mengenal makna Satu Nusa,
Satu Bangsa, dan Satu Bahasa
* Membaca teks Sumpah Pemuda
*
Menyebutkan waktu dan tempat pertama kali sumpah pemuda dibacakan
*Mengamalkan
nilai-nilai Sumpah Pemuda dalam kehidupan sehari-hari
|
2. Pengetahuan Alam
|
* Menggolongkan mahluk hidup
secara sederhana
*
Menjelaskan cara menjaga kesehatan lingkungan sekitar
|
3. Pengetahuan Sosial
|
* Memelihara lingkungan alam dan buatan disekitar rumah
# Memberi contoh memelihara
lingkungan dengan cara yang baik
*Melakukan kerjasama yang baik di lingkungan rumah, sekolah dan kelurahan
/desa.
|
C.TUJUN PEMBELAJARAN
- PKn :
-
Siswa dapat memahami makna Satu Nusa, Satu Bangsa, dan Satu
Bahasa
-
Siswa dapat membaca teks Sumpah
Pemuda
-
Siswa dapat menyebutkan waktu dan tempat pertama kali sumpah pemuda dibacakan
-
Siswa dapat mengamalkan nilai-nilai Sumpah Pemuda
- IPA :
-
Siswa dapat menggolongkan makhluk hidup secara
sederhana
-
Siswa dapat menjelaskan cara menjaga kesehatan
lingkungan sekitar
- IPS :
- Siswa dapat mengetahui cara memelihara lingkungan alam dan buatan
disekitar rumah
- Siswa dapat memberikan contoh cara memelihara lingkungan alam dan buatan
disekitar rumah
- Siswa dapat menerapkan kerjasama
yang baik dilingkungan rumah, sekolah, dan kelurahan/desa.
D. MATERI PEMBELAJARAN
Untuk mencapai kompetensi dasar dan indikator di atas ditetapkan materi pembelajaran sebagai berikut :
1.
Pendidikan Kewarganegaraan
1.1 Pencerminan satu nusa satu bangsa
1.2. Mewujudkan rasa persatuan dan kesatuan dan
Menghargai perbedaan
1.3 Menyebutkan waktu dan tempat sumpah
pemuda dibacakan
1.4 Teks sumpah pemuda
SUMPAH PEMUDA
Kami putra
dan putri Indonesia, bertumpah darah yang satu ,
Tanah
Indonesia
Kami putra dan putri
Indonesia, mengaku berbangsa yang satu,
Bangsa Indonesia
Kami putra dan putri
Indonesia, menjunjung bahasa persatuan
Bahasa Indonesia
Makna dari Sumpah Pemuda adalah Meskipun bangsa
Indonesia bertempat tinggal berpencar-pencar di wilayah Indonesia merupakan
satu tanah air yaitu Tanah Air Indonesia.
2. Pengetahuan Alam
2.1 Ciri-ciri
Mahluk Hidup dan Pengolongan mahluk hidup
a. Ciri-ciri mahluk hidup
Ø Memerlukan makan
Ø Bergerak
Ø Hidup tumbuh
Ø Berkembang biak
Ø Benafas
b. Pengolongan mahluk hidup
Ø Pengolongan mahluk hidup berdasarkan tempat hidupnya
Ø Pengolongan mahluk hidup berdasarkan jenis makanannya
Ø Pengolongan mahluk hidup berdasarkan penutup tubuhnya
Ø Pengolongan mahluk hidup berdasarkan cara geraknya
Ø Pengolongan mahluk hidup berdasarkan cara berkembang biak
Ø Pengolongan mahluk hidup berdasarkan cara bernafasnya
2.2 Menjelaskan cara menjaga
kesehatan lingkungan sekitar
a. Lingkungan yang sehat
Ø Lingkungan yang harus bersih dan
nyaman, air, udara dan tanah harus
bersih
b. Beberapa pencemaran lingkumgan
Ø Pencemaran tanah
Ø Pencemaran air
Ø Pencemaran udara
c. Berbagai cara memelihara kesehatan lingkungan
Ø Membersihkan sampah-sampah
Ø Memupuk tanaman
Ø Membersihkan saluran air.
3. Pengetahuan Sosial
3.1 Memlihara
lingkungan alam dan buatan
a . Memelihara lingkungan alam
Ø Menjaga kelestarian air
Ø Menjaga kesuburan tanah
b. Menjaga
lingkungan buatan
Ø Menjaga ketertuban lingkungan
Ø Menjaga kebersihan lingkungan
Ø Menjaga kebersihan akuarium
3.2 Melakukan
kerja sama baik dilingkungan rumah, sekolah, dan lingkungan kelurahan atau desa
a. Kerjasama di lingkungan rumah
Ø Kerja bakti di lingkungan keluarga
Ø Kekompakan dalam keluarga
b.
Kerjasama di lingkungan sekolah
Ø Tugas piket
Ø Lomba kebersihan kelas
Ø Belajar kelompok
Ø Kerjasama dalam olah raga
c.
Kerjasama dilingkungan kelurahan atau desa
Ø Kegiatan PKK
Ø Kegiatan siskamling
E . STRATEGI PEMBELAJARAN
Strategi pembelajaran terpadu ini di uraikan dalam tahap-tahap kegiatan persiapan, pembukaan, inti,dan penutup.
1. Kegiatan
Persiapan/ pra pembelajaran
Guru mempersipkan segala sesuatu yang akan
mendukung pelaksanaan proses pembelajaran terpadu, seperti : mengatur ruangan, menyiapkan alat/media
pembelajaran yang akan digunakan.
2. Kegiatan Pembukaan
a. Siswa dikondisikan ke dalam situasi
belajar yang kondisif.
b. Guru
menyampaikan secara lisan dan
menuliskan di papan tulis materi yang akan dipelajari, dilanjutkan dengan menjelaskan kemampuan-kemampuan yang
diharapkan dapat dicapai siswa setelah pertemuan pembelajaran berakhir.
c. Guru menjelaskan langkah-langkah
kegiatan yang harus dilakukan siswa selama pembelajaran belangsung.
d. Guru melakukan kegiatan apersepsi dengan cara
mengajak siswa menyanyikan sebuah lagu,
sebagai motivasi untuk membangkitkan gairah belajar siswa.
3. Kegiatan
Inti
a. Guru
menerangkan tentang makna satu Nusa satu Bangsa dan satu Bahasa dan siswa disuruh menerangkan kembali.
b. Guru melakukan tanya jawab dengan siswa tentang waktu pertama kali sumpah
pemuda dibacakan.
c. Guru menjelaskan pertama kali dibacakan
Sumpah Pemuda.
d. Guru menceritakan secara singkat sejarah Sumpah Pemuda.
e. Menjelaskan cara memlihara tanaman.
f. Siswa mempraktekkan cara memelihara tanaman di sekolah.
g. Setelah menyimak materi pengolongan hewan, siswa diminta menjelaskan cara
pengelompokan hewan yaitu berdasarkan
persamaan cirri misalnya jumlah kaki, cara bergerak, penutup tubuh, jenis
makanannya dan tempat hidupnya.
h.
Siswa mengidentifikasi
benda-benda cair,padat, dan gas.
i.
Siswa menyebutkan sifat-sifat
benda cair, padat, dan gas.
j.
Siswa dibagi
kelompok-kelompok, setiap kelompok diminta mengamati ciri-ciri berbagai hewan
disekitar mereka. Hasil pengamatan dimasukkan table.
k.
Membagi siswa menjadi dua
kelompok untuk melakukan praktek kesadaran lingkungan
l.
Mengajak siswa untuk
mempersiapkan alat-alat kebersihan.
v Kelompok satu : mengumpulkan sampah yang
ada di sekolah, memisahkan antara sampah kering dan
sampah basah kemudian menguburkan sampah basah tersebut.
v Kelompok kedua : Menanam pohon di sekolah
Membebaskan
siswa untuk memilih tanaman yang kan ditanam dan memotivasi siswa agar selalu
merawat tanaman tersebut.
v Kerja bakti di lingkungan
keluarga
v Kekompakan dalam keluarga
v Tugas piket
v Lomba kebersihan kelas
v Belajar kelompok
v Kerjasama dalam olah raga
v Kegiatan PKK
v Kegiatan siskamling
4. Kegiatan
Penutup
a. Siswadibimbing untuk menarik kesimpulan dari apa yang telah dibahas dalam pertemuan ini.
b. Tindak lanjut dengan pembiasaan untuk selalu
menjaga kebersihan dan kesehatan.
5. Alat dan Media Pembelajaran
1. Koran , majalah dan buku-buku pengetahuan,
2. Lingkungan di sekitar sekolah,
3. Gambar seri tentang peristiwa alam.
6. Penilaian Pembelajaran
1. Prosedur Penilaian:
a. Penilaian
proses dilakukan untuk melihat kejasama siswa dalam kelompok
b. Penilaian
akhir ( post test )
2. Jenis dan bentuk tes :
a. Tes
tulisan bentuk uraian terbatas,, dilakukan pada akhir pembelajaran
b. Tes lisan dilakukan pada awal dan akhir pembelajaran untuk mengetahui
kemampuan siswa sebelum dan sesudah pembelajaran.
c. Tes kinerja dilakukan pada saat pembelajaran berlangsung untuk mengukur:
a) keruntutan dalam menceritakan gambar seri.
b) kerapian dan ketepatan dalam
pemakaian tanda baca dalam menulis karangan.
c) ketepatan mengamati lingkungan sehat dan
lingkungan tidak sehat.
3. Alat Penilaian
a. Lembar soal , terlampir
b. Lembar pengamatan, terlampir
7. Sumber Rujukan
1. Buku Pendidikan Kewarganegaraan (bse) untuk Sekolah Dasar Kelas 3, PUSAT PERBUKUAN /
Departemen Pendidikan Nasional.
2. Buku Ilmu Pengetahuan Alam (bse) untuk Sekolah Dasar Kelas 3, PUSAT PERBUKUAN / Departemen Pendidikan
Nasional.
3. Buku Ilmu Pengetahuan Sosial (bse) untuk Sekolah Dasar Kelas 3, PUSAT PERBUKUAN / Departemen Pendidikan
Nasional.
LEMBAR SOAL
Nama :……….........
Kelas :……………
1. Tulislah isi dari teks Sumpah Pemuda !
2. Kapan Sumpah Pemuda diikrarkan ?
3. Apakah makna dari Sumpah Pemuda ?
4. Sebutkan ciri-ciri mahluk hidup ?
5. Sebutkan beberapa pengolongan-pengolongan
mahluk hidup ?
6. Apakah yang dimaksud dengan lingkungan sehat ?
7. Bagaimanakah cara memelihara lingkungan yang sehat ?
8. Sebutkan 3 contoh ketampakan lingkungan alam !
9. Apa penyebab terjadinya banjir ?
10. Apa saja penyebab terjadinya pencemaran udara ?
LEMBAR PENGAMATAN
Nama Kelompok : …………………………..
Anggota Kelompok : 1.
……………………….
2. ………………………..
3. ………………………..
4. ………………………..
Tuliskan hasi pengamatanmu kedalam tabel di bawah ini !
Lingkungan Sehat
|
Lingkungan Tidak Sehat
|
Ciri-cirinya :
·
…………………………….......
·
………………………………...
·
…………………………………
·
…………………………………
·
…………………………………
|
Ciri-cirinya :
·
…………………………….......
·
………………………………...
·
…………………………………
·
…………………………………
·
…………………………………
|
Pengaruhnya terhadap kesehatan :
·
…………………………….......
·
………………………………...
·
…………………………………
·
………………………………..
·
……………………………….
|
Pengaruhnya terhadap kesehatan :
·
…………………………….......
·
………………………………...
·
…………………………………
·
………………………………..
·
……………………………….
|
Keadaan lingkungan sekitar :
·
…………………………….......
·
………………………………...
·
…………………………………
·
…………………………………
·
…………………………………
|
Keadaan lingkungan sekitar :
·
…………………………….......
·
………………………………...
·
…………………………………
·
…………………………………
·
…………………………………
|
Mengetahui,
Kepala
Sekolah
|
Sekayu, 2018
Guru
Kelas
|
FALLAH,
H.A.HAMID
|
IIS
WIDIYA
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar