Kamis, 19 April 2018

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DI SD ISLAMIYAH SEKAYU MUBA SUMSEL


SATUAN PEMBELAJARAN TERPADU
(RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN)

Mata Pelajaran                      : 1. Pendidikan Kewarganegaraan
                                                   2. Pengetahuan Alam
                                                   3. Pengetahuan Sosial
Tema                                      :  Kegiatan
Satuan Pendidikan               :  Sekolah Dasar
Nama Sekolah                       : SD Islmiyah Sekayu MUBA
Kelas/Semester                     :  III (Tiga) / I (Satu)
Alokasi Waktu                      :  1x pertemuan (2x 35 menit)


A.  STANDAR KOMPETENSI
  1. Pkn      : Mengamalkan makna sumpah pemuda
  2. IPA     : Menggolongkan makhluk hidup
  3. IPS      : Memelihara lingkungan alam dan buatan

B. KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR

Dari kompetensi dasar dan indikator ketiga mata pelajaran tersebut yang dapat dipadukan  adalah sebagai berikut :

Mata Pelajaran
Kompetensi Dasar dan Indikator
 1. PKn
* Mengenal makna Satu Nusa, Satu Bangsa, dan Satu Bahasa
* Membaca teks Sumpah Pemuda
* Menyebutkan waktu dan tempat pertama kali sumpah pemuda dibacakan
*Mengamalkan nilai-nilai Sumpah Pemuda dalam  kehidupan sehari-hari
2. Pengetahuan Alam
 * Menggolongkan mahluk hidup secara sederhana

* Menjelaskan cara menjaga kesehatan lingkungan sekitar
3. Pengetahuan Sosial
* Memelihara lingkungan alam dan buatan disekitar rumah
 # Memberi contoh memelihara lingkungan dengan cara yang baik

*Melakukan kerjasama yang baik di lingkungan rumah, sekolah dan kelurahan /desa.

C.TUJUN PEMBELAJARAN
  1. PKn :
-         Siswa dapat memahami makna Satu Nusa, Satu Bangsa, dan Satu Bahasa
-         Siswa dapat membaca teks Sumpah Pemuda
-         Siswa dapat menyebutkan waktu dan tempat pertama kali sumpah pemuda dibacakan
-         Siswa dapat mengamalkan nilai-nilai Sumpah Pemuda
  1. IPA :
-         Siswa dapat menggolongkan makhluk hidup secara sederhana
-         Siswa dapat menjelaskan cara menjaga kesehatan lingkungan sekitar


  1. IPS :
- Siswa dapat mengetahui cara memelihara lingkungan alam dan buatan disekitar rumah
- Siswa dapat memberikan contoh cara memelihara lingkungan alam dan buatan disekitar rumah
-  Siswa dapat menerapkan kerjasama yang baik dilingkungan rumah, sekolah, dan kelurahan/desa.


D. MATERI PEMBELAJARAN

Untuk mencapai kompetensi dasar dan indikator di atas ditetapkan materi pembelajaran sebagai berikut :
1.      Pendidikan Kewarganegaraan

   1.1   Pencerminan satu nusa satu bangsa
   1.2.  Mewujudkan rasa persatuan dan kesatuan dan Menghargai perbedaan
   1.3 Menyebutkan waktu dan tempat sumpah pemuda dibacakan
   1.4 Teks sumpah pemuda

SUMPAH PEMUDA
Kami putra dan putri Indonesia, bertumpah darah yang satu ,
Tanah Indonesia
Kami putra dan putri Indonesia, mengaku berbangsa yang satu,
Bangsa Indonesia
Kami putra dan putri Indonesia, menjunjung bahasa persatuan
Bahasa Indonesia

Makna dari Sumpah Pemuda adalah Meskipun bangsa Indonesia bertempat tinggal berpencar-pencar di wilayah Indonesia merupakan satu tanah air yaitu Tanah Air Indonesia.

2.  Pengetahuan Alam

 2.1 Ciri-ciri Mahluk Hidup dan Pengolongan mahluk hidup

             a. Ciri-ciri mahluk hidup
Ø  Memerlukan makan
Ø  Bergerak
Ø  Hidup tumbuh
Ø  Berkembang biak
Ø  Benafas
      
              b. Pengolongan mahluk hidup
Ø  Pengolongan mahluk hidup berdasarkan tempat hidupnya
Ø  Pengolongan mahluk hidup berdasarkan jenis makanannya
Ø  Pengolongan mahluk hidup berdasarkan penutup tubuhnya
Ø  Pengolongan mahluk hidup berdasarkan cara geraknya
Ø  Pengolongan mahluk hidup berdasarkan cara berkembang biak
Ø  Pengolongan mahluk hidup berdasarkan cara bernafasnya
2.2   Menjelaskan cara menjaga kesehatan lingkungan sekitar
                   a.   Lingkungan yang sehat
      Ø  Lingkungan yang harus bersih dan nyaman, air, udara  dan tanah harus bersih

                   b.  Beberapa pencemaran lingkumgan
Ø  Pencemaran  tanah
Ø  Pencemaran air
Ø Pencemaran udara

                  c.  Berbagai cara memelihara kesehatan lingkungan
Ø  Membersihkan  sampah-sampah
Ø Memupuk tanaman
Ø Membersihkan saluran air.


        3. Pengetahuan Sosial

           3.1 Memlihara lingkungan  alam dan  buatan
                  
               a . Memelihara lingkungan alam
Ø  Menjaga kelestarian air
Ø  Menjaga kesuburan tanah

               b. Menjaga lingkungan buatan
Ø  Menjaga ketertuban lingkungan
Ø  Menjaga kebersihan lingkungan
Ø  Menjaga kebersihan akuarium
3.2  Melakukan  kerja sama baik dilingkungan  rumah, sekolah, dan lingkungan kelurahan     atau desa
      
                       a.  Kerjasama di lingkungan rumah
Ø  Kerja bakti di lingkungan keluarga
Ø  Kekompakan dalam keluarga
         
                b.  Kerjasama di lingkungan sekolah
Ø  Tugas piket
Ø  Lomba kebersihan kelas
Ø  Belajar kelompok
Ø  Kerjasama dalam olah raga

              c.  Kerjasama dilingkungan kelurahan atau desa
Ø  Kegiatan PKK
Ø  Kegiatan siskamling


E .  STRATEGI PEMBELAJARAN

Strategi pembelajaran terpadu  ini  di uraikan dalam  tahap-tahap kegiatan persiapan, pembukaan, inti,dan penutup.

1. Kegiatan Persiapan/ pra pembelajaran

 Guru mempersipkan segala sesuatu yang akan mendukung pelaksanaan  proses pembelajaran terpadu, seperti : mengatur ruangan, menyiapkan alat/media pembelajaran yang akan digunakan.

2.  Kegiatan Pembukaan

a.  Siswa dikondisikan ke dalam situasi belajar yang kondisif.
b. Guru menyampaikan secara lisan dan menuliskan di papan  tulis materi yang akan    dipelajari, dilanjutkan dengan  menjelaskan kemampuan-kemampuan yang diharapkan dapat dicapai siswa setelah pertemuan pembelajaran berakhir.
c. Guru menjelaskan langkah-langkah  kegiatan yang harus dilakukan siswa selama pembelajaran belangsung.
d.  Guru melakukan kegiatan apersepsi dengan cara mengajak siswa menyanyikan sebuah  lagu, sebagai motivasi untuk membangkitkan gairah belajar siswa.

3. Kegiatan Inti

a.  Guru menerangkan tentang makna satu Nusa satu Bangsa dan satu Bahasa dan  siswa disuruh menerangkan kembali.
b. Guru melakukan tanya jawab dengan siswa tentang waktu pertama kali sumpah pemuda dibacakan.
c. Guru menjelaskan pertama kali dibacakan Sumpah Pemuda.
d. Guru menceritakan secara singkat sejarah Sumpah Pemuda.
e. Menjelaskan cara memlihara tanaman.
f. Siswa mempraktekkan cara memelihara tanaman di sekolah.
g. Setelah menyimak materi pengolongan hewan, siswa diminta menjelaskan cara pengelompokan  hewan yaitu berdasarkan persamaan cirri misalnya jumlah kaki, cara bergerak, penutup tubuh, jenis makanannya dan tempat hidupnya.
h.  Siswa mengidentifikasi benda-benda cair,padat, dan gas.
i.   Siswa menyebutkan sifat-sifat benda cair, padat, dan gas.
j.   Siswa dibagi kelompok-kelompok, setiap kelompok diminta mengamati ciri-ciri berbagai hewan disekitar mereka. Hasil pengamatan dimasukkan table.
k.   Membagi siswa menjadi dua kelompok untuk melakukan praktek kesadaran lingkungan
l.   Mengajak siswa untuk mempersiapkan alat-alat kebersihan.



v  Kelompok satu : mengumpulkan  sampah yang ada di sekolah, memisahkan antara sampah  kering dan sampah basah kemudian menguburkan sampah basah tersebut.
v  Kelompok kedua : Menanam pohon di sekolah
Membebaskan siswa untuk memilih tanaman yang kan ditanam dan memotivasi siswa agar selalu merawat tanaman tersebut.
v  Kerja bakti di lingkungan keluarga
v  Kekompakan dalam keluarga
v  Tugas piket
v  Lomba kebersihan kelas
v  Belajar kelompok
v  Kerjasama dalam olah raga
v  Kegiatan PKK  
v  Kegiatan siskamling

     4. Kegiatan Penutup

a. Siswadibimbing  untuk menarik kesimpulan  dari  apa yang  telah dibahas dalam  pertemuan ini.
b. Tindak lanjut dengan pembiasaan untuk selalu menjaga kebersihan dan kesehatan.

5. Alat dan  Media Pembelajaran

1. Koran , majalah dan buku-buku pengetahuan,
2. Lingkungan di sekitar sekolah,
3. Gambar seri tentang peristiwa alam.
       
    6. Penilaian  Pembelajaran

1. Prosedur Penilaian:
                 a.  Penilaian proses dilakukan untuk melihat kejasama siswa dalam kelompok
                 b.  Penilaian akhir ( post test )
2. Jenis dan bentuk tes :
                 a.  Tes tulisan bentuk uraian terbatas,, dilakukan pada akhir pembelajaran
     b. Tes lisan dilakukan pada awal dan akhir pembelajaran untuk mengetahui kemampuan siswa sebelum dan sesudah pembelajaran.
  

 c. Tes kinerja dilakukan pada saat pembelajaran berlangsung untuk mengukur:
                 a)   keruntutan dalam menceritakan gambar seri.
b)  kerapian dan ketepatan dalam pemakaian tanda baca  dalam menulis   karangan.
           c)  ketepatan mengamati lingkungan sehat dan lingkungan   tidak sehat.
3. Alat Penilaian
     a. Lembar soal , terlampir
     b. Lembar pengamatan, terlampir

7. Sumber  Rujukan

1. Buku Pendidikan Kewarganegaraan (bse) untuk Sekolah Dasar Kelas 3, PUSAT    PERBUKUAN / Departemen Pendidikan Nasional.
2. Buku Ilmu Pengetahuan Alam  (bse) untuk Sekolah Dasar Kelas 3, PUSAT PERBUKUAN / Departemen Pendidikan Nasional.
3. Buku Ilmu Pengetahuan Sosial  (bse) untuk Sekolah Dasar Kelas 3, PUSAT PERBUKUAN / Departemen Pendidikan Nasional.
      


LEMBAR  SOAL


Nama  :……….........
Kelas   :……………


1. Tulislah isi dari teks Sumpah Pemuda !
2. Kapan Sumpah Pemuda diikrarkan ?
3. Apakah makna dari Sumpah Pemuda ?
4. Sebutkan ciri-ciri mahluk hidup ?
5. Sebutkan beberapa  pengolongan-pengolongan mahluk hidup ?
6. Apakah yang dimaksud dengan lingkungan sehat ?
7. Bagaimanakah cara memelihara lingkungan yang sehat ?
8. Sebutkan 3 contoh ketampakan lingkungan alam !
9. Apa penyebab terjadinya banjir ?
10. Apa saja penyebab terjadinya pencemaran udara ?



                                     






LEMBAR PENGAMATAN

Nama  Kelompok        :  …………………………..
Anggota Kelompok    :  1.  ……………………….
                                       2. ………………………..
                                       3. ………………………..
                                       4. ………………………..

Tuliskan hasi pengamatanmu kedalam tabel di bawah ini !

Lingkungan Sehat
Lingkungan Tidak Sehat
Ciri-cirinya   :
·         …………………………….......

·         ………………………………...

·         …………………………………

·         …………………………………

·         …………………………………
Ciri-cirinya   :
·         …………………………….......

·         ………………………………...

·         …………………………………

·         …………………………………

·         …………………………………
Pengaruhnya terhadap kesehatan  :
·         …………………………….......

·         ………………………………...

·         …………………………………

·         ………………………………..

·         ……………………………….
Pengaruhnya terhadap kesehatan  :
·         …………………………….......

·         ………………………………...

·         …………………………………

·         ………………………………..

·         ……………………………….
Keadaan lingkungan sekitar  :
·         …………………………….......

·         ………………………………...

·         …………………………………

·         …………………………………

·         …………………………………
Keadaan lingkungan sekitar  :
·         …………………………….......

·         ………………………………...

·         …………………………………

·         …………………………………

·         …………………………………

Mengetahui,
Kepala Sekolah




Sekayu,              2018
Guru Kelas
FALLAH, H.A.HAMID
IIS WIDIYA


Tidak ada komentar:

Posting Komentar